9-Pemborosan : OMIT PRIDE

Satu lagi tambahan pemborosan yang ke-9 yaitu Pemborosan Energi, singkatan untuk mempermudah dalam mengingat 9-Pemborosan :


O
M
I
T
P
R
I
D
E
v
a
n
a
e
e
n
e
n
e
t
v
l
o
w
a
l
e
r
e
e
e
p
o
p
a
r
p
r
n
n
l
r
p
y
g
r
i
t
t
e
k
r
s
y
o
a
o
o
d
l
r
M
&
p
&
u
y
o
r
c
T
v
D
i
W
t
r
e
e
a
a
i
a
m
f
t
i
o
n
e
e
e
t
n
s
n
c
i
p
t
t
P
n
o
s
r
g
r
o
t
c
e
s
s
i
n
g



1. Overproduction (Produksi Berlebihan)
Memproduksi lebih banyak, lebih dini, lebih cepat dari kebutuhan di proses berikutnya
    
    Membuat lebih banyak dari yang diminta oleh Pelanggan
    • Disimpan dimanakah dokumen / suku cadang tambahan?
    • Berapakah biayanya dari semua ini?

2. Material Transport(Memindahkan Material)
    • Berapa kali bahan ditangani?
    • Beberapa kali transaksi dilakukan?
    • Berapa
    Apakah penjadwalan berdasarkan beban penuh dan pembenaran yang efisien?

3. Inventory(Persediaan)
Persediaan dan barang sedang dalam proses (WIP: Work In Process)
    • Berapakah biayanya?
    • Mengapa hal ini bisa terjadi?
    • Berapa banyak ruang yang digunakan untuk menyimpan persediaan?

4. Talent(Bakat)
    • Apakah Anda menyadari potensi penuh dari anggota tim Anda?
    • Ketrampilan ekstra apa yang dimiliki orang ini?
    • Bagaimana ini bisa dimanfaatkan?
    • Apa yang akan menjadi manfaat?

5. People Movement(Gerakan)
    • Berapa banyak gerakan berlebihan yang Anda lakukan setiap hari?
    • Apalagi yang bisa Anda lakukan dengan waktu yang ada?
    • Seberapa luas area kerja Anda?

6. Rework & Defects(Cacat)
    • Skrap
    • Hasil
    • Sisa
    • Kesalahan faktur, kesalahan pesanan
    • Berapakah biaya dari koreksi atau perbaikan ini?

7. Inappropriate Processing(Proses)
Prosedur dan Dokumen
    • (Apapun yang perlu perhatian khusus) Dapatkah dilakukan lebih sederhana?
    • Apakah Anda melakukan pengulangan memasukkan data?
    • Apakah dokumen sesuai dengan tujuannya?

8. Delays & Waiting(Menunggu)
Aktivitas Menunggu
    • Dokumen
    • Instruksi
    • Pengawasan
    • Barang
    • Pemasok
    • Pelanggan

9. Energy(Energi)
    • Apakah Anda mematikan Lampu, Printer & Mesin dan peralatan lainnya ketika tidak digunakan?
    • Apakah perbaikan kecil (kebocoran) segera dilakukan?
    • Apakah atap terisolasi dari udara panas & cahaya dari langit-langit transparan, membuat pengamatan menjadi jelas?




0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Cakrawijaya memulai perjalanan karirnya dengan pendekatan cara orang belajar naik sepeda. Berbekal pengalaman jatuh bangun yang sangat berharga ini, ia belajar langsung dari sumbernya di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, Jepang dan Jerman, ‘shopfloor' adalah tempat ia berkarya, termasuk berguru dari guru-guru dan mentor yang hebat-hebat disana. Tumbuh, berkembang dan sangat mencintai pekerjaannya di dalam mentransfer ilmu yang didapatkan di ‘shopfloor'. Meyakini bahwa melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu meningkatkan produktivitas kerjanya adalah cara untuk unggul di dalam persaingan yang ketat dan tuntutan pada perubahan yang begitu cepat. Dengan berbagi pengalaman dan pemahamannya, semoga rekan-rekan para praktisi di shopfloor akan mendapatkan manfaat dari sini, Aamiin.

Get In Touch