1. Persiapan 5R : 3. Sasaran Perusahaan

Marilah kita tidak membuat kesalahan yang sama dengan perusahaan lain yang gagal dalam mengkuantifikasi Sasaran Perusahaannya - Company's Objectives.

Sasaran Perusahaan adalah menetapkan apa yang ingin coba dicapai perusahaan dalam menjalankan bisnis operasionalnya. Di dalam menetapkan sasaran hendaknya menggunakan prinsip SMART.

Specific: Sasaran harus menyatakan persisnya apa yang ingin dicapai.

Measurable: Suatu sasaran harus dapat diukur sehingga memungkinkan untuk menentukan apakah sasaran tersebut telah dicapai.

Achievable: Sasaran harus realistis sesuai dengan keadaan dimana sasaran tersebut ditetapkan dan sesuai dengan sumber daya yang tersedia untuk kegiatannya.

Relevant: Sasaran hasil harus relevan bagi orang yang bertanggung jawab untuk mencapai keberhasilannya.

Time Bound: Sasaran hasil harus menetapkan batasan waktu untuk mencapainya. Batas waktu sasaran tersebut juga harus realistis.

Gambar 1.3.1 : Contoh Sasaran Perusahaan.

Sasasan dapat dibuat bertingkat, misalnya Sasaran Perusahaan adalah sasaran hasil yang berhubungan dengan organisasi atau bisnis secara keseluruhan. Tingkat dibawahnya adalah Sasaran Departemen, misalnya spesifik kepada Departemen Produksi.

Berikut ini adalah contoh yang mungkin saja juga merupakan sebagian dari Sasaran Tahunan di Departemen Anda:
• 50% reduksi waktu tunggu pesanan
• 75% perbaikan dari kegiatan pergantian proses
• 50% reduksi barang dalam proses
• 50% reduksi area penyimpanan item persediaan
• 50% peningkatan jumlah saran improvement per orang

Perbedaan antara Cita-cita dengan Sasaran Perusahaan - Goals vs Objectives
• Cita-cita adalah cakupan yang luas sedangkan Sasaran adalah fokus yang menyempit
• Cita-cita adalah umum sedangkan Sasaran adalah spesifik
• Cita-cita tak nyata sedangkan Sasaran adalah nyata
• Cita-cita adalah abstrak sedangkan Sasaran adalah konkrit
• Cita-cita tidak bisa divalidasi sedangkan Sasaran Perusahaan bisa divalidasi atau disahkan.

“Hope is possible to achieve, dreams are almost never achieved” - Dr. Noriaki Kano

0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Cakrawijaya memulai perjalanan karirnya dengan pendekatan cara orang belajar naik sepeda. Berbekal pengalaman jatuh bangun yang sangat berharga ini, ia belajar langsung dari sumbernya di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, Jepang dan Jerman, ‘shopfloor' adalah tempat ia berkarya, termasuk berguru dari guru-guru dan mentor yang hebat-hebat disana. Tumbuh, berkembang dan sangat mencintai pekerjaannya di dalam mentransfer ilmu yang didapatkan di ‘shopfloor'. Meyakini bahwa melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu meningkatkan produktivitas kerjanya adalah cara untuk unggul di dalam persaingan yang ketat dan tuntutan pada perubahan yang begitu cepat. Dengan berbagi pengalaman dan pemahamannya, semoga rekan-rekan para praktisi di shopfloor akan mendapatkan manfaat dari sini, Aamiin.

Get In Touch