1. Persiapan 5R : 4. Organisasi dan Peran Karyawan

Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun. Organisasi adalah suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai suatu tujuan.

Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian baik secara posisi maupun tugas yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan, bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal.

Struktur Organisasi penerapan merupakan syarat mutlak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Di dalam penerapan 5R ini tidak membentuk sebuah Organisasi baru yang terpisah melainkan menyatu dalam organisasi perusahaan yang ada. Mengapa demikian?

5R adalah bagian dari pekerjaan bukan tambahan pekerjaan oleh sebab itu organisasinya pun harus menyatu dengan organisasi perusahaan.

Pada umumnya hirarki atau Struktur Organisasi yang sederhana terdiri dari tiga tingkatan dengan satu Komite 5R yang bertindak sebagai asisten dari Pimpinan tertinggi :
1. Direktur/General Manager/Plant Manager/Factory Manager
2. Promotor : Karyawan setingkat Manajer
3. Facilitator : Karyawan setingkat Supervisor
Gambar 1.4.1 : Contoh Struktur Organisasi Perusahaan.

Komite 5R : Dalam rangka memajukan penerapan 5R di perusahaan, Organisasi ini harus selalu ada. Organisasi ini dijalankan oleh beberapa orang dari para pucuk pimpinan, sebaiknya melibatkan sebagian dari tim perusahaan yang paling senior juga karyawan pabrik senior dan beroperasi mencakup seluruh wilayah perusahaan.

Tugas-tugas dari Komite 5R dalam membantu manajemen adalah sbb :
• Menyediakan sarana promosi kegiatan 5R
• Memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi Karyawan
• Kordinator TPS di dalam penerapan Ringkas
• Membuat standarisasi dari kegiatan 5R
• Mengkordinasikan kegiatan Audit 5R
• Menginformasikan kepada Manajemen dan seluruh Karyawan mengenai perkembangan dari penerapan 5R di Perusahaan
Gambar 1.4.2 : Contoh Struktur Organisasi Komite 5R.

Secara umum peranan dari Pimpinan tertinggi adalah sebagai berikut :
• Membangun komitmen kepada seluruh Karyawan
• Penentu arah kemana tujuan Perusahaan akan dibawa
• Pemberi warna atau roh, membangun antusiasme para Karyawan
Berikut ini hirarki tingkatan yang umum dibawah Pimpinan tertinggi, peran karyawan dalam kegiatannya sehari-hari menjalankan tugasnya, KAIZEN dan 5R :

Gambar 1.5.1 : Contoh Peran Karyawan.

0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Cakrawijaya memulai perjalanan karirnya dengan pendekatan cara orang belajar naik sepeda. Berbekal pengalaman jatuh bangun yang sangat berharga ini, ia belajar langsung dari sumbernya di perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, Jepang dan Jerman, ‘shopfloor' adalah tempat ia berkarya, termasuk berguru dari guru-guru dan mentor yang hebat-hebat disana. Tumbuh, berkembang dan sangat mencintai pekerjaannya di dalam mentransfer ilmu yang didapatkan di ‘shopfloor'. Meyakini bahwa melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu meningkatkan produktivitas kerjanya adalah cara untuk unggul di dalam persaingan yang ketat dan tuntutan pada perubahan yang begitu cepat. Dengan berbagi pengalaman dan pemahamannya, semoga rekan-rekan para praktisi di shopfloor akan mendapatkan manfaat dari sini, Aamiin.

Get In Touch